geblek makanan khas Purworejo

Standar

Setiap daerah memiliki makanan khas sendiri-sendiri. Jika wilayah Banyumas terkenal dengan makanan khasnya berupa tempe keripik dan mendoan, Kebumen juga dikenal snack bernama lanting, bahkan Yogyakarta tersohor bakia pathuknya, maka Kabupaten Purworejo juga punya geblek.
Dan panganan khas yang paling terkenal adalah geblek Jenis makanan yang berbahan baku ketela pohon tersebut, produksinya tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Purworejo. Keberadaan usaha tersebut sudah ada sejak lama, mungkin sudah ada sejak lebih setengah abad yang lalu. Umumnya diusahakan secara turun-temurun. Sehingga makanan ini dapat kita jumpai diberbagai penjuru kota Purworejo. Bahkan dengan usaha tersebut, para pelaku usaha dapat menghidupi keluarganya.
Makanan khas tersebut banyak diburu masyarakat, khususnya mereka yang menjadi perantau. Sebab, dipastikan, mereka akan jarang menemukan makanan tersebut di kota tempat mereka bekerja. Momentum itulah yang membuat penjual makanan tradisional selalu banjir pesanan saat lebaran, termasuk geblek khas Purworejo.
Geblek nikmat disantap saat masih panas. Untuk menambah citarasa, konsumen bisa memakannya dengan sambal kacang.

Sumber “purworejo kab.,KRjogja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3 pemikiran pada “geblek makanan khas Purworejo

Tinggalkan komentar